Sunday, July 26, 2020

Cara Berhenti Kopi dan Kecanduan Lain, Pengalaman Pribadi




Setelah menaklukkan kebiasaan makan saya yang buruk dan kehilangan berat badan sebanyak tiga puluh pound, saya merasa nyaman dengan diri saya sendiri. Namun, di benak saya, saya tahu bahwa saya masih harus menghadapi kecanduan. Kebiasaan minum kopi saya adalah salah satunya. Itu adalah obsesi dan menyebalkan. Saya memiliki semua tanda ketergantungan kopi. Saya minum setiap hari selama dua puluh satu tahun. Setiap pagi ketika saya bangun jam 5 pagi, tubuh saya segera memberi sinyal untuk minum kopi 10kg automatic coffee roaster. Saya adalah orang pertama yang mengetuk pintu Starbuck untuk secangkir besar. Cawan ini mengikutiku dalam perjalanan ke tempat kerja dan itu menemaniku sepanjang pagi. Pada waktu istirahat kantor, yang datang pada siang atau jam 2 siang, saya bergegas keluar untuk minum kedua.

Kopi sering digunakan untuk menutupi kelelahan dan mencegah tidur. Masalahnya adalah bahwa tanpa penyangga yang diharapkan darinya, orang merasa lebih lelah. Segera itu menjadi siklus energi tinggi dan rendah yang direkayasa oleh kekuatan kopi.

Jadi, apa yang membuat saya berhenti?

Suatu Sabtu pagi, saya pergi ke toko makanan untuk membeli bahan makanan. Toko ini memiliki salah satu mesin pengukur tekanan darah otomatis gratis. Aku meneguk sisa kopiku, duduk di depan mesin, mengistirahatkan kakiku di bar timbangan di bawah dan menyerahkan lengan atas kiriku untuk diperas. Dalam waktu kurang dari satu menit, nilai tekanan darah, berat dan nadi saya ditampilkan di layar: Tekanan darah dan berat badan saya normal tetapi nadi atau detak jantung saya tinggi. Saya menyalahkan itu pada kebiasaan minum kopi kronis saya. Selain itu, gigiku yang bernoda kopi juga bukan pemandangan yang menyenangkan. Sekarang, saya punya cukup alasan untuk menyerah.

Kopi mungkin tidak hampir membuat ketagihan seperti alkohol, rokok, obat-obatan, atau judi, tetapi mengenyahkan kecanduan apa pun harus dimulai dengan resolusi dalam pikiran. Kita sering melupakan kedalaman tekad manusia. Belajar bagaimana mengembangkan tekad yang kuat yang akan membantu Anda melawan kecanduan Anda membutuhkan kesabaran dan latihan. Mulailah dengan mengambil tanggung jawab atas pilihan yang Anda buat. Kemudian terus mengendalikan hidup dan tindakan Anda dengan cara yang melayani kebutuhan Anda. Tidak ada kecanduan yang tahan terhadap kerusakan. Ketika pikiran dibuat, tubuh mengikuti. Ketika saya memutuskan untuk berhenti minum kopi, saya melakukannya sepenuhnya dan total. Saya tidak percaya pada pengurangan bertahap seperti yang diberitakan oleh para ahli lain di bidang ini. Saya ingin penebusan dosa saya sekaligus.

Ciri Ketergantungan

Ciri khas keinginan adalah respons tubuh yang menjijikkan yang terjadi ketika mereka berusaha menghentikan kecanduan mereka. Pernahkah Anda melihat bayi mengalami penyapihan dari menyusui? Mereka berteriak, mereka ribut dan mereka melakukan mogok makan. Tetapi mereka akhirnya menyerah jika ibu tetap tegas. Siapa pun yang berusaha untuk menghentikan kebiasaan adiktifnya mengalami nasib serupa. Reaksi tubuh pada saat penarikan mungkin termasuk sakit kepala, gugup, kelelahan, dan agitasi, perasaan ditinggalkan, depresi dan bahkan keinginan untuk bunuh diri. Semakin kecanduan item tersebut, semakin parah gejala penarikannya. Pengalaman saya bisa dibandingkan dengan pengalaman orang lain yang berhenti.

Malam datang dan pagi hari pecah. Setelah bangun, tubuh saya memberi isyarat untuk secangkir besar kopi Starbucks. Saya mengabaikannya. Dua belas jam kemudian, sakit kepala yang berdenyut-denyut menghampiri saya dengan pembalasan. Itu memukul kepala saya selama berjam-jam. Tidak ada yang bisa menghentikannya. 600 mg Motrin tidak membuat lekuk pada itu. Sakit kepala mencengkeram kulit kepala temporal dan frontal saya dengan erat. Saya menahan diri. Saya tidak akan menyerah. Baru pada hari ketiga sakit kepala saya mulai mereda. Empat belas hari telah berlalu sejak saya terakhir mencicipi secangkir kopi. Sakit kepala hilang dan tubuh saya berhenti mengidam. Saya masih memiliki dorongan sesekali, tetapi haus sangat lemah sehingga saya bisa memadamkannya dengan menginjak kaki saya. Buntut lain yang menonjol dari pengunduran diri saya adalah kehilangan fokus, terutama pada minggu pertama. Sejak itu saya mendapatkan kembali fokus dan keseimbangan mental saya.

No comments:

Post a Comment